Tuesday, March 29, 2011

PERTANYAAN ALLAH KEPADA MANUSIA

Dari Al Amsy , dari Said bin Abdullah , dari Barzah Al Islami, ia berkata Rasulullah bersabda :
“tidak akan bergeser kedua kaki anak Adam hingga ia ditanya tentang empat perkara. Tentang umurnya bagaimana ia menghabiskannya, tentang ilmu apa yang ia lakukan dengannya, tentang hartanya darimana ia mendapatkan dan kemana ia mwnginfakkannya, tentang jasmaninya bagaimana ia menggunakannya”. (HR. Tarmidzi )
                Hadis di atas menjelaskan tentang pertanyaan Allah yang akan diajukan kepada manusa di akhirat kelak. Pertanyaan tersebut akan berlaku kepada semua manusia tidak terkecuali. Pertanyaan tersebut akan berlaku dengan aktivitas kehidupan kita di dunia. Manusia tidak bisa berbohong atas pertanyaan yang diajukan Allah, semuanya terbuka, karena yang akan menjawab adalah anggota tubuh kita, sedangkan mulut kita dikunci. Sebagaimana firman Allah dalam QS Yaasin : 65

Artinya : “Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan.”
Umur
Umur merupakan anugerah Allah yang diberikan kepada manusia dan wajib kita syukuri. Allah akan mempertanyakan umur kita, yaitu “ bagaimanakah kita menghabiskan umur itu selama hidup di dunia”. Pertanyaan tersebut harus kita renungkan bersama, apa yang sudah kita lakukan sampai hari ini dengan umur tersebut. Sementara jatah hidup kita sebagai umat Nabi Muhammad hanyalah sebentar, tidaklah begitu lama, sangat berbeda dengan umat terdahulu yang mencapai umur ratusan bahkan ribuan tahun. Sedangkan kematian merupakan hal yang sangat misterius, yang pasti akan dialami bagi semua makhluk Allah yang bernyawa tidak terkecuali.
Umur berkaitan dengan waktu, karena umur kita habiskan selama jatah hidup kita di alam fana ini. Akan tetapi, dalam mempergunakan umur , kebanyakan kita lalai dan menghabiskan hal yang tidak bermanfaat, sehingga Allah menggenaralisasi bahwa manusia itu dalam kerugian, kecuali hanya sebagian kecil. Sebagaimana firman Allah QS Al ‘Ashr : 1-3 :
Demi masa , sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasihat menasihati supaya menaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran.
Demikian firman Allah di atas mengatakan bahwa manusia dalam kerugian kecuali orang yang beriman, beramal shaleh yang senantiasa menasihati dalam kebenaran dan menasehati dalam kesabaran.
Ilmu
Allah akan mempertanyakan tentang ilmu kita. Apa yang sudah kita lakukan dengan ilmu yang kita miliki. Apakah ilmu itu akan semakin menjauhkan kita dari Allah SWT atau membuat kita lupa kepada Allah. Ilmu itu sejatinya akan membuat kita selalu dekat kepada Allah, karena semua ilmu itu sejatinya berasal dari Allah.
Akan tetapi,  ilmu yang jarus menjadi pondasi bagi kita dalam mengarungi kehidupan ini adalah ilmu agama. Karena ilmu agama akan membimbing manusia memiliki moral yang baik. Sebagaimana para ulama terdahulu, kalau kita membca biografi mereka, kita akan mengetahui bahwa ilmu yang pertama kali mereka kuasai adalah ilmu agama. Selanjutnya mereka akan mengembangkan kepada ilmu-ilmu yang lain, seperti fisika, matematika, astronomi , kedokteran dll.
Apakah kamu hai orang musyrik yang lebih beruntung) ataukah orang yang beribadah di waktu-waktu malam dengan sujud dan berdiri, sedang ia takut kepada (azab) akhirat dan mengharapkan rahmat Tuhannya? Katakanlah: "Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?" Sesungguhnya orang yang berakAllah yang dapat menerima pelajaran. (QS Azzumar :9)
Harta
Harta yang sejatinya kita miliki adalah harta yang kita belanjakan dijalan Allah. Itulah yang akan kita bawa setelah meninggalkan dunia yang fana ini dan sekaligus sebagai amal ibadah yang akan menemani diri kita. Semua harta yang kita miliki di dunia ini , yang kita cari dan kita kumpulkan bertahun-tahun dengan rasa capai dan keringat yang kita tinggalkan, yang akan kita bawa adalah amalan shaleh kita. Maka ketika kita memiliki kelebihan harta kita infakkan sebagai amal ibadah kita. Hal tersebut sebagai bentuk rasa sukur kita kepada Allah SWT. Janji Allah kepada orang yang pandai bersyukur dalam QS Ibrahim : 7

 Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".
Jasmani
Jasmani merupakan wadah sebagai tempat semayam ruh bagi kehidupan di dunia. Jasmani fisik yang kita miliki akan dimintai pertanggungjawaban oleh Allah SWT. Jasmani merupakan amanah yang harus kita jaga dan pelihara sebaik-baiknya. Karena ketika Allah bertanya kepada kita tentang jasmani yang kita miliki, maka yang akan menjawab pertanyaan-pertanyaan Allah ialah anggota tubuh kita, sebagaimana firman Allah QS Yaasiin ayat 65 di atas.

==========================================================================
Allah, yang, dari, kepada, adalah, ini, Islam, God, Muslims, orang, oleh, Arabic, kita, maka, mereka, Nya, saya, ada, bahwa, telah,yang, umur, dari, ini, pada, tahun, adalah, bisa, atau, juga, lebih, Umur, saya, usia, akan, anak, sudah, kita, lain yang, mereka, yang, dari, ada, ini, kepada, orang, atau, adalah, Allah, mereka, pada, oleh, telah, saya, ayat, karena, kita, membaca, Surah, akan,Islam, yang, ini, adalah, dari, Muslim, orang, Allah, kepada, mereka, oleh, kita, lain yang, ada, atau, islam, karena, pada, Muhammad, kamu


No comments:

Post a Comment